Header Ads

hari guru

Hampir setiap orang memiliki guru favorit, seseorang yang berusaha keras untuk mendorong Anda karena mereka dapat melihat potensi Anda. Pada tanggal 5 Oktober, luangkan waktu untuk merayakan Hari Guru Sedunia — acara global yang diluncurkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada tahun 1994.

Sama seperti Matilda memiliki Ms. Honey, Harry memiliki Dumbledore, dan Cady memiliki Ms. Norbury, mungkin Anda seorang guru yang bekerja keras untuk membantu anak muda belajar dan tumbuh. Mengingat bahwa guru membentuk generasi masa depan, mengambil satu hari setiap tahun untuk mengucapkan "terima kasih" adalah yang paling bisa kita lakukan. Di mana pun Anda berada di dunia saat ini, ingatlah bahwa guru itu penting!

KAPAN HARI GURU DUNIA 2022?

Hari Guru Sedunia diadakan setiap tahun pada tanggal 5 Oktober. Itu telah terjadi sejak pengamatan pertama pada tahun 1994.

SEJARAH HARI GURU DUNIA

Liburan ini menandai peringatan diadopsinya Rekomendasi UNESCO 1966 tentang Status Guru. Ini menetapkan standar mengenai hak dan tanggung jawab guru untuk persiapan awal mereka, pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi pembelajaran.

Pesan UNESCO tahun 2020: “Dengan tema: ‘Guru Muda: Masa Depan Profesi,’ kami menyadari pentingnya menegaskan kembali nilai misi pengajaran. Kami menyerukan kepada pemerintah untuk menjadikan mengajar sebagai profesi pilihan pertama bagi kaum muda. Di atas segalanya, kami merayakan karya guru berdedikasi di seluruh dunia yang terus berusaha setiap hari untuk memastikan bahwa 'pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil' dan promosi 'kesempatan belajar seumur hidup untuk semua' menjadi kenyataan di setiap sudut dunia. ”

Acara resmi akan berlangsung di Markas Besar UNESCO di Paris pada 7 Oktober.

HARI GURU DUNIA SELURUH DUNIA

Country Holiday Occasion Date
Chile Día del Maestro (Teacher’s Day) After being moved around a few times, Chile finally settled on October 16 to honor their Teachers’ Association October 16
Costa Rica Teacher's Day Those in Costa Rica use this date to commemorate Mauro Fernández Acuña, a reformer of education in their country. December 22
New Zealand Teacher's Day Those in New Zealand choose to honor their teachers at the end of October each year. October 29
South Korea Teacher's Day Teachers are usually presented with carnations by their students and ex-students. May 15

STATUS HARI GURU DUNIA

Di India, jumlah guru perempuan menurun dengan keterpencilan sekolah, dari 60% ketika sekolah terletak di pusat pemerintahan lokal menjadi 30% ketika jaraknya 30 km.
Lebih banyak guru dibutuhkan di tempat pengungsian. Jika semua pengungsi mendaftar, Turki akan membutuhkan 80.000 guru tambahan, Jerman akan membutuhkan 42.000 guru dan pendidik, dan Uganda akan membutuhkan 7.000 guru dasar tambahan. Namun guru pengungsi sering dikeluarkan dari program pelatihan nasional karena peraturan profesional tentang hak untuk bekerja.
Hampir 94% guru di pendidikan pra-sekolah dasar, tetapi hanya sekitar setengah dari mereka di pendidikan menengah atas, adalah perempuan.
Proporsi perempuan di antara guru sekolah dasar di negara-negara berpenghasilan rendah (41%) adalah setengahnya di negara-negara berpenghasilan tinggi (82%).
Di negara-negara berpenghasilan rendah, hanya 23% guru sekolah menengah adalah perempuan.
Di tingkat perguruan tinggi, hanya 19% guru adalah perempuan di negara-negara berpenghasilan rendah dan sekitar 46% atau kurang di kelompok berpenghasilan lain.

FAQ HARI GURU DUNIA 

hari guru

Siapa yang memulai Hari Guru?

UNESCO yang pertama kali memproklamirkan 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia pada tahun 1994.

Apakah Hari Apresiasi Guru hari ini?

Hari Guru Nasional diperingati pada hari Selasa pertama di minggu pertama bulan Mei. Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober setiap tahunnya.

Bagaimana caramu menghormati gurumu?

Jika Anda ingin menghormati guru Anda, ada banyak cara untuk melakukannya. Kami merekomendasikan menemukan cara yang bijaksana untuk mengucapkan terima kasih atas semua yang telah mereka lakukan dan mereka pasti akan menyukainya.

BAGAIMANA CARA MEMPERINGATI HARI GURU DUNIA

Kejutkan gurumu dengan hadiah

Anak-anak dapat menunjukkan penghargaan mereka dengan memberi guru mereka kartu “terima kasih” yang tulus, mengejutkan mereka dengan kerajinan atau gambar buatan sendiri, atau dengan menulis puisi kekaguman.

Buat guru merasa istimewa

Orang tua juga mencintai guru! Tunjukkan seberapa banyak pada Hari Guru Sedunia. Berkolaborasi dengan PTA lokal Anda untuk membuat undian dengan kartu hadiah, cangkir kopi, dan hadiah lainnya. Sediakan kopi dan donat atau minta orang tua menyiapkan sarapan seadanya untuk guru sebelum hari sekolah dimulai.

Berikan guru perlakuan kerajaan

Menjadi seorang guru bisa membuat stres, melelahkan, dan membuat frustrasi. Di Hari Guru Sedunia, administrasi sekolah harus memanjakan gurunya. Makan siang dengan katering atau mengejutkan guru dengan pijatan 10 menit adalah cara yang bagus untuk memberi tahu guru bahwa kerja keras mereka tidak luput dari perhatian. Jika tanggal 5 Oktober jatuh pada akhir pekan, rayakan pada hari Jumat sebelum atau Senin sesudahnya.

5 HAL YANG HARUS DIPELAJARI TENTANG GURU

Konfusius adalah Guru Pertama

Secara historis, Konfusius dianggap sebagai guru privat pertama dalam sejarah.

Pendidikan untuk semua

Menurut UNESCO, dunia membutuhkan 69 juta guru untuk mencapai tujuan menyediakan pendidikan dasar dan menengah universal pada tahun 2030.

Jumlah pendidik Afrika berkurang di benua itu

Afrika Sub-Sahara adalah daerah yang menghadapi defisit terbesar guru.

Standar pengajaran turun drastis

Menurut UNESCO, kurang dari 75% guru di sepertiga negara di dunia hanya memenuhi standar pelatihan guru minimum.

Kemampuan belajar menurun

6 dari 10 anak di seluruh dunia—total 617 juta—tidak memenuhi persyaratan minimum kompetensi matematika dan membaca.

MENGAPA HARI GURU SEDUNIA PENTING

Itu menghormati profesi guru

Bangun saat fajar menyingsing, memiliki kesabaran sebagai orang suci, dan menjadi pengaruh positif adalah pekerjaan yang membuat stres — hadapi saja, Cady akan tetap menjadi gadis yang kejam jika bukan karena Ms. Norbury. Pada Hari Guru Sedunia, hadiah, pujian, dan pesta adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda peduli.

Ini menyoroti Masalah saat ini yang mempengaruhi guru

Tentu, liburan musim panas adalah hal yang sangat didambakan, tetapi masih ada banyak masalah kompleks yang memengaruhi guru dalam sistem pendidikan di seluruh dunia. Ini termasuk menjaga kebebasan akademik, menciptakan otonomi bagi lembaga pendidikan dan mengembangkan dan memelihara standar pengajaran profesional di pendidikan tinggi. Untungnya, Hari Guru Sedunia memungkinkan diskusi dalam rapat fakultas, webinar, seminar, dan konferensi.

Ini memuji kemajuan tetapi menantang stagnasi

Meskipun sistem pendidikan dan peran guru di dalamnya telah berjalan jauh, perjalanan masih panjang. Karena itu, PBB menciptakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 untuk Pendidikan. Hari Guru Sedunia adalah pengingat tahunan dari tujuan ini dan kebutuhan untuk berbuat lebih banyak untuk mendorong para guru untuk tetap dalam pendidikan.
 

TANGGAL HARI GURU DUNIA

Year Date Day
2022 October 5 Wednesday
2023 October 5 Thursday
2024 October 5 Saturday
2025 October 5 Sunday
2026 October 5 Monday

No comments

Powered by Blogger.
close