Header Ads

berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

Berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali?

👉 Titik
👉 Lukisan
👉 Garis
👉 Bidang
👉 Semua jawaban benar
👍 Jawaban: Lukisan
 
Baca selengkapnya: 
berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali, Elemen seni dasar adalah "blok bangunan" yang digunakan untuk membuat karya seni visual apa pun. Unsur-unsur tersebut adalah warna, bentuk, garis, bentuk, ruang, tekstur, dan nilai. Tanpa mereka, mustahil seorang seniman bisa menciptakan karya seni. Disadari atau tidak, setiap seniman setidaknya menggunakan dua atau lebih elemen ini dalam berkarya. Misalnya, dalam seni patung, seorang seniman menggunakan ruang dan bentuk, dan seorang pelukis akan menggunakan garis dan bentuk saat membuat lukisan.

Mendefinisikan Elemen Dasar Seni

  • Warna — Pigmen yang digunakan dalam karya seni dan berbagai nilai dan intensitasnya, seperti warna primer – merah, kuning, dan biru.
  • Bentuk — Massa bentuk yang dibuat dengan membentuk dua atau lebih bentuk atau sebagai bentuk tiga dimensi saat menunjukkan tinggi, lebar, dan kedalaman.
  • Garis — Sebuah tanda (aktual atau tersirat) yang membentang jarak antara dua titik yang digunakan untuk menentukan bentuk dalam karya dua dimensi. Garis tersirat adalah jalur yang diambil mata pemirsa saat bergerak di sepanjang jalur dari bentuk, warna, atau bentuk dalam sebuah karya seni. Klik untuk informasi lebih lanjut tentang garis dalam seni.
  • Bentuk — Setiap area yang ditentukan oleh tepi di dalam potongan yang dibatasi oleh garis, nilai, atau warna. Itu bisa geometris (misalnya, persegi, lingkaran, segi enam, dll.) Atau organik (seperti bentuk genangan air, gumpalan, percikan, dll.).
  • Ruang — Mengacu pada area kosong atau yang ditempati di sekitar, di antara, atau di dalam komponen karya seni. Itu bisa negatif (ruang kosong) atau positif (ruang terisi).
  • Tekstur — Cara permukaan terasa atau dirasakan. Struktur aktual atau tersirat dan cetakan kecil dari suatu permukaan (kasar, halus, dll.) dapat dilihat atau dirasakan dengan indera peraba.
  • Nilai — Bayangan digunakan untuk menekankan bentuk. Tingkat terang atau gelap dari setiap warna tertentu dalam sebuah karya seni. Menambahkan putih untuk mencerahkan warna disebut “tint”, sedangkan penambahan hitam disebut “shade.”
Seorang seniman akan dengan terampil menggunakan elemen-elemen dasar seni ini, memadukannya dengan prinsip-prinsip desain untuk menyusun sebuah karya seni yang sensasional. Tidak semua unsur seni harus digunakan; namun, akan selalu ada setidaknya dua yang hadir.

No comments

Powered by Blogger.
close